Jumat, 23 Januari 2009

Fenomena HALLO BULAN di BLORA



Ahad malam (9/11, 11 Dzulqa’dah 1429 H) sesudah Sholat Isya’, kami dikejutkan oleh lingkaran dengan radius yang cukup lebar mengelilingi bulan malam itu. “fenomena apa ini?” pikirku. Sedikit mengherankan memang. Kami mengetahui hal ini sesudah melaksanakan solat Isya’ berjama’ah secara tak sengaja ketika melihat ke atas langit kami spontan terkagum-kagum oleh peristiwa yang jarang terjadi di langit, “owh ada lingkaran cahaya yang mengelilingi bulan”. Tengok sana tengok sini, nyari view yang bagus dari jalan kecil dekat musolla tempat kami solat jama’ah, “itu bukan pantulan cahaya bulan biasa”, pikirku. Namun ada sesuatu yang terlupakan dari ingatanku tentang hal itu, fenomena apa ya? Walaupun kucoba kuingat-ingat tetapi belum juga terlintas dibenakku, aku hanya ingat bahwa fenomena ini pernah kupelajari saat aku duduk di kelas 6 SD pada pelajaran IPA, tapi sayang aku masih lupa namanya. Setelah puas melihat bulan yang dikitari cincin cahaya ini sambil terkagum-kagum karena baru kali ini aku melihat fenomena langka ini. Sayangnya, aku tidak bisa mengabadikan fenomena ini lewat kamera atau HP, hanya menikmatinya secara langsung.
Sambil berjalan di jalan kecil pada keheningan malam, kami menikmati indahnya bulan sekaligus kembali lagi ke rumah temanku Yudha karena kebetulan malam itu kami sedang bersama menyelesaikan tugas dari sekolah. Di rumah temanku itu pun aku masih penasaran dengan fenomena malam itu, langsung saja aku sebarkan berita ini ke teman-teman yang lain agar dapat bersama-sama menyaksikan salah satu kekuasaan Allah SWT dalam menciptakan alam beserta keajaiban yang terjadi di dalamnya. Ketika kuberitahukan ke teman yang lain ada salah satu teman yang mengingatkanku bahwa peristiwa bulan dikelilingi lingkaran cahaya itu adalah “Efek Halo” biasanya hanya terjadi di kota-kota besar. Akibat dari emisi-emisi gas yang memantulkan cahaya. Sekarang aku mulai teringat bahwa benar fenomena tersebut disebut Halo Effect (dalam bahasa Inggrisnya) dan aku pernah mempelajarinya saat duduk di kelas 6 SD. Aku sangat bersyukur masih diberi kesempatan untuk melihat kuasa Allah SWT yang penuh hikmah.


Pada hari berikutnya ternyata lingkaran cahaya bulan sudah mulai hilang bahkan sudah tak nampak. Aku sadar bahwa fenomena ini hanya terjadi pada waktu tertentu saja. Mudah-mudahan aku nanti diberikan kesempatan lagi untuk melihat fenomena langka ini. Untuk menambah pengetahuan tentang efek Halo aku mencoba mencari referensi dari internet gak salah lagi aku nanyanya sama Mas Google. Mau tau efek halo itu apa? Berikut ini hasil eksplorasiku mencaria rahasia dibalik “Efek Halo”.

Fenomena halo adalah lingkaran cahaya seakan-akan pelangi yang mengelilingi Matahariatau Bulan. Ia adalah sejenis fenomena optik. Ia adalah fenomena yang lebih kerap terjadi daripada kejadian pelangi. Terdapat banyak jenis halo, tetapi kebanyakannya terjadi dari kristal air dalam awan sirus sejuk yang terletak pada ketinggian 5–10 km di lapisan troposfera atas. Bentuk dan orientasi kristal-kristal ini menentukan bentuk halo yang terjadi.
Halo merupakan fenomena alam biasa, tidak jauh berbeda seperti pelangi. Bedanya pelangi seolah berada di ujung cakrawala sehingga tidak terlihat utuh bulat. Sementara halo karena di atas maka terlihat bulat. Kalau siang hari, fenomena itu terlihat pada matahari, sementara pada malam hari bisa terlihat pada bulan. Kalau kamu sering mengamati bulan di malam hari, terutama saat bulan purnama, kamu akan melihat lingkaran di sekitar bulan tersenyum itu. Nah, itulah efek halo menurut fisika.(hehe, udah pada tau ya...)

Efek halo menimbulkan kesan tertentu pada sesuatu yang ditempelinya. Bulan jadi kelihatan jauh lebih indah dengan keberadaan lingkaran cahaya di sekitarnya. Kamu yang memiliki efek halo akan terlihat beberapa derajat lebih bercahaya. Makanya, efek halo sering dimanfaatkan oleh para pemasar produk. contohnya ipod (seperti yang suka dibilang di wikipedia). IPod menimbulkan kesan positif untuk seluruh produk Apple, padahal belum tentu produk Apple yang lain semanis iPod. Di dunia permobilan juga seperti itu. Mereka membuat apa yang disebut halo vehicle untuk menimbulkan image yang bagus terhadap mobil yang lainnya.

Jika kamu ingin tahu definisi formalnya kamu tinggal ketik saja di google kayak gini define:”halo effect”. Lalu kamu akan disuguhkan beberapa definisi resmi tentang efek halo dari beberapa situs.
Bookmark this post:
StumpleUpon Ma.gnolia DiggIt! Del.icio.us Blinklist Yahoo Furl Technorati Simpy Spurl Reddit Google

1 komentar:

[+/-]Click to Show or Hide Old Comments

Ceritaku on 5 Juni 2009 pukul 01.49 mengatakan...

tadi malam (04 juni 2009), saya juga melihat fenomena bulan seperti ini dilangit kota Padang. Baru tau juga namanya "effect hallo", Hanya kata SUBHANALLAH yang terucap ketika kita diberikan kesempatan untuk melihat keajaibanNya.

>
[+/-]Show or Hide Comments

Posting Komentar

Bogor Agricultural University

Bogor Agricultural University
"Mencari dan Memberi Yang Terbaik"

LDK Al Hurriyyah

LDK Al Hurriyyah
"Inspiration of Togetherness"

FORCES

FORCES
"Go Scientist...!!!"

AGRIA SWARA

Boneka Horta & POTTY

 

Copyright 2009 All Rights Reserved Magazine 4 column themes by One 4 All