Kamis, 06 Agustus 2009

Taman dan Kolam Renang Tirtonadi


Pesatnya pembangunan Industri di segala bidang di daerah perkotaan di satu pihak dan tingginya ledakan penduduk di pihak lain dapat membawa dampak yang cukup memprihatinkan. Hal ini dapat terjadi karena mempersempit tempat bermain bagi anak-anak dan untuk sekedar mendapatkan udara yang bersih. Zaman sekarang sudah seharusnya para perencana pembangunan suatu kota menyiapkan beberapa taman yang berfungsi sebagai paru-paru kota, dengan tujuan utama untuk menyaring udara kotor, sehingga udara yang kita hirup merupakan udara yang bersih dan murni.
Kabupaten Dati II Blora telah memiliki sebuah taman rekreasi yang pernah jaya sesudah zaman kemerdekaan RI hingga sampai akhir tahun 1960 –an. Taman ini dikenal oleh masyarakat sebagai Taman Rekreasi Tirtonadi. Letaknya ditepi sungai kecil yaitu sungai Grojogan. Obyek ini memiliki lokasi strategis dan berada ditengah-tengah kota Blora, atau lebih cocok disebut sebagai paru-paru kota Blora. Tirtonadi memang cocok untuk melepas beban dari rutinitas kota dan bagi muda-mudi sangat mengasyikkan menikmati suasana kota sambil berangan-angan tentang hari esok yang indah.
Dahulu saat waktu kecil aku sering pergi ke tempat ini. Bersepeda dengan teman-teman untuk mengisi waktu liburan. Terdapat patung gajah raksasa yang sulit aku tunggangi karena ketinggianya. Keberadaan patung tersebut telah hilang karena lokasi yang akan diubah menjadi kolam renang. Tanpa membayar biaya masuk aku bisa menikmati taman yang menjadi kegemaran masyarakat untuk mendatanginya. Kolam renang yang telah dibangun terbagi dua antara kolam dewasa dan anak-anak. Tentu menarik perhatian warga untuk mendatanginya. Saat ini wisatawan yang hendak mendatanginya dikenai biaya masuk untuk menyegarkan badan di air yang jernih.
Taman yang memiliki luas areal 1,5 hektar ini merupakan yang baik untuk keluarga bermain-main bersama-sama, anak-anaknya, atau pun sambil bercengkrama. Taman ini memiliki beberapa fasilitas seperti kolam renang, ayunan, timbangan, tempat luncur, bandulan, aneka binatang buatan seperti jerapah, onta, kijang, dan lain-lainnya. Aneka tumbuh-tumbuhan dan beberapa jenis burung sebagai pelengkap keindahan.
Pada masa jayanya obyek wisata ini merupakan tempat rekreasi yang cukup terkenal di kalangan masyarakat Blora dan sekitarnya seperti Rembang, Pati, Kudus, Grobogan bahkan dari Bojonegoro (Jawa Timur). Tirtonadi merupakan perpaduan antara wisata alam berupa air sungai Grojogan, kebun binatang mini, serta wisata budaya seperti tempat pementasan budaya tradisional antara lain Wayang dan Tayuban. Lokasi ini juga pernah untuk diadakan lomba melukis oleh Paguyuban Seni Rupa Blora dan aku menjadi salah satu pesertanya dengan teman-teman yang berpartisipasi.
Bangunan yang berada di belakang Kantor Radio Gagak Rimang ini juga tidak ketinggalan music modern seperti orkes melayu atau dangdut yang cukup banyak peminatnya. Khusus untuk gerak tari yang diatur serempak antara penari, penabuh gending serta penonton yang sewaktu-waktu turut sebagai pemain. Adapun tujuannya untuk menjalin keakraban dan persaudaraan.
Museum Mahameru terdapat di dalam taman ini dan menjadi tempat untuk benda-benda peninggalan sejarah peradapan Blora. Berbagai temuan situs di Blora hasil penggaliannya diletakkan di museum ini. Plank tulisan Museum Mahameru juga telah terpasang di bagian selatan taman. Sehingga bagi masyarakat yang terkagum-kagum melihat benda bersejarah bisa mengunjungi daerah ini.
Obyek wisata ini sebenarnya potensial untuk lebih dikembangkan sebagai arena permainan anak-anak, keluarga, serta mereka yang menanjak dewasa. Sekarang Taman Rekreasi Tirtonadi sedang ditata dan dibenahi kembali. Bisakah Taman ini meraih kembali zaman keemasannya seperti tempo dulu?

Selasa, 21 Juli 2009
Sumber : Potensi Wisata Jateng
Observasi dan pengamvilan foto obyek
Bookmark this post:
StumpleUpon Ma.gnolia DiggIt! Del.icio.us Blinklist Yahoo Furl Technorati Simpy Spurl Reddit Google

Bogor Agricultural University

Bogor Agricultural University
"Mencari dan Memberi Yang Terbaik"

LDK Al Hurriyyah

LDK Al Hurriyyah
"Inspiration of Togetherness"

FORCES

FORCES
"Go Scientist...!!!"

AGRIA SWARA

Boneka Horta & POTTY

 

Copyright 2009 All Rights Reserved Magazine 4 column themes by One 4 All